Cara Jitu Menjodohkan Kacer untuk Pemula



Cara Jitu Menjodohkan Kacer untuk Pemula | Brokicau -Telah banyak kicaumania di Indonesia yang mencapai kesuksesan dalam beternak burung kacer. Walau begitu, tidak ada suatu hal yang instan. Sebagian peternak pemula sering menjumpai masalah, terlebih dalam penjodohan calon induk jantan serta betina. Beberapa pemula sering tergesa-gesa memasukkan ke-2 calon induk itu dalam kandang ternak, hingga berlangsung perkelahian. Di bawah ini panduan singkat menjodohkan kacer untuk pemula.

Menjodohkan burung kacer dapat dikerjakan dengan terlebih dulu memisahkan calon induk jantan serta betina sepanjang beberapa hari. Kemudian, baru kita mulai sistem perjodohannya agar  burung kacer dapat terima calon pasangannya.

Dalam beternak burung kacer, kandang yang dipakai tak mesti berbentuk permanen, tak juga mesti memiliki ukuran besar. Anda dapat juga memakai kandang yang terbuat dari kawat kassa. Masukkan kotak sarang berupa persegi, dengan pintu masuk cukup lebar.

Awalannya, masukkan dahulu burung betina yang telah cukup usia ke kandang ternak. Kacer jantan disimpan ditempat terpisah, yang jaraknya cukup berjauhan. Yakinkan keduanya dalam posisi tak sama-sama lihat, hingga keduanya cuma dapat sama-sama mendengar. Biarlah hal semacam ini sepanjang beberapa hari.

Kacer betina yang mulai terpancing birahi umumnya bakal senantiasa terasa gelisah setiap saat mendengar kicauan kacer jantan dari terlalu jauh. Dia lantas membalas kicauan kacer jantan, dengan keluarkan nada panggilan, hingga bakal terdengar nada yang sama-sama bersahutan.

Hari selanjutnya, sangkar yang diisi kacer jantan digantung berdekatan dengan kandang kacer betina. Tempelkan sepanjang beberapa hari, hingga tampak sinyal tanda kacer betina memunguti bahan sarang, lalu mulai membereskan sarangnya.
 
Tahapan setelah itu yaitu memasukkan kacer ke kandang ternak yang telah ditempati kacer betina. Upayakan sistem perpindahan ini dikerjakan pada sore hari, mendekati maghrib, lantaran waktu itu keduanya dalam keadaan siap beristirahat.


Amati selalu perubahannya sepanjang sekian hari ke depan. Bila telah berjodoh, serta keduanya sama dalam keadaan birahi, ke-2 burung bakal kawin. 

Namun tak selama-lamanya kedua burung akur. Kadang-kadang salah satu burung terlampau agresif, dengan menyerang calon pasangannya. Hal semacam ini dapat dikarenakan oleh sebagian aspek, diantaranya :
  • Salah satu burung terlampau birahi. Hal semacam ini dapat diatasi dengan mengatur lagi pemberian pakan penambahan atau extra fooding (EF).
  • Usia induk masih tetap terlampau muda/kurang cukup usia. Pemecahannya, ubah dengan calon induk yang betul-betul telah cukup usia.
  • Kacer jantan terlampau agresif. Untuk mengatasinya, ubah induk betina dengan pilih yang umurnya lebih tua dari pada burung jantan.
Sisi terutama dalam sistem perjodohan kacer yaitu teratur lakukan pemantauan pada keadaan mereka didalam kandang penangkaran. Dengan hal tersebut, bila berlangsung suatu hal, Anda dapat selekasnya mengatasinya.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment